IMUNISASI CAMPAK - RUBELLA (MR) 2017 DI SU ICBB

PDFPrintE-mail

Foto: Petugas Puskesmas Piyungan Sedang Melaksanakan Imunisasi MR di Aula SU Putri ICBB, Kamis (3/8)

YOGYAKARTA | BIN BAZ.
Pada pertemuan walisantri Salafiyah Ula (setingkat SD) Islamic Centre Bin Baz (ICBB) pada Ahad,3 Dzulqa'dah 1438 (30/7), disampaikan informasi program pemerintah tentang imunisasi MR yang akan dilakukan secara nasional kepada bayi usia 9 bulan s/d anak usia 15 tahun.

Pada kesempatan yang sama Ustadz Abu Abbad Kepala Sekolah Salafiyah Ula (SU) ICBB, "Sekolah SU mendukung program pemerintah, dan menganjurkan semua walisantri untuk mensukseskan imunisasi. Kemudian Bagi walisantri yang keberatan putra/inya diimunisasi dimohon untuk datang ke kantor SU ICBB".

Empat hari kemudian, pada Kamis (03/08) Salafiyah Ula Putri ICBB kedatangan tamu dari Puskesmas Piyungan, Bantul. Petugas kesehatan yang terdiri dari 2 petugas puskesmas dan 9 tenaga medis dari STIKES Madani Yogyakarta, dengan tujuan, "melaksanakan imunisasi Campak - Rubella (MR) bagi para santriwati kelas 1 sampai kelas 6".


Imunisasi untuk santri putri bertempat di aula SU Putri, kegiatan imunisasi yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini sempat diawali dengan jeritan - jeritan kecil para santriwati (khususnya yang duduk di bangku kelas 1 dan kelas 2). Sebagian besar dari mereka memang mempunyai rasa takut ketika melihat jarum suntik. Beberapa ustadzah yang ikut menemani di ruang penyuntikan, mulai disibukkan dengan aktivitas menenangkan anak - anak yang mulai ramai dan riuh.

Penyuntikan dimulai dari santriwati kelas 1, kemudian kelas 6 lalu dilanjutkan dengan kelas 2 - kelas 5. Alhamdulillah kegiatan imunisasi berjalan lancar. Terbukti ketika selesai disuntik, mereka tidak menangis sama sekali. Bahkan santriwati kelas 1, Almira Nabila dan Lathifah Ayatul Husna, sempat mengatakan,"Tidak sakit kok ustadzah, hanya seperti digigit semut."

Kegiatan yang melibatkan 105 Santri Putri ini selesai pada pukul 09.20 WIB. Ada beberapa santriwati yang belum sempat diimunisasi oleh petugas dikarenakan sedang sakit dan kondisi badan mereka kurang fit.

Sekilas tentang Imunisasi MR, merupakan program dari pemerintah yang dilaksanakan secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan < 16 tahun. Kegiatan ini bersifat wajib dan bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat. Campak merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus campak dan sangat berbahaya jika menyerang bayi. Sedangkan rubella adalah penyakit akut dan ringan yang disebabkan oleh virus rubella yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Kegiatan imunisasi berfungsi untuk mencegah penyakit campak dan rubella / Sindroma Rubella Kongenital.

KONTRIBUTOR: Anita
EDITOR : Abu Rafif