TUJUH SANTRI HAFAL 30 JUZ BULAN INI

PDFPrintE-mail

(ICBB-Yogyakarta) Ada pemandangan yang berbeda terlihat di Masjid Jami’ Islamic Center Bin Baz –yang sedang dalam tahap renovasi ini- , Ba’da Ashar, Rabu 1 November 2017 kemarin. Mulai dari santri Salafiyah Wustho (setingkat SMP) sampai santri Madrasah Aliyah (Setingkat SMA) tampak memadati masjid. Rupanya mereka menghadiri acara Haflah (acara syukuran) Hafalan Al-Qur’an 30 Juz yang diraih oleh beberapa santri ICBB.

Haflah tersebut dipandu oleh Ustadz Fadhli Gugul, dengan dihadiri semua santri, asatidzah, karyawan, dan beberapa tamu undangan lainnya. Tampak hadir di acara tersebut Ketua Yayasan Majelis At Turots Al Islamy dan Direktur Rumah Sakit At Turots Al Islamy, dr. Salman Santosa.

Acara tersebut dibuka dengan bacaan Al-Quran yang dilantunkan oleh Fakhrurozi santri kelas 3 MA, dilanjutkan sambutan dari Ustadz Abu Nida dan Ustadz Abu Aufa. Ustadz Abu Nida merasa bersyukur atas terselengganya kegiatan haflah ini, dan berharap bisa diselenggarakan sesering mungkin, yang menunjukkan semakin banyaknya santri yang selesai hafalan 30 Juz secara sempurna. Beliau juga mempunyai program untuk mengkarantina santri-santri yang unggul untuk bisa lebih cepat mencapai hafalan secara sempurna.

Syaikh Najih selaku pengampu tahfidz di ICBB membawakan acara inti acara haflah ini. Dalam tausiyahnya beliau memamparkan keutamaan menghafalkan kitab suci Al-Quran dan keuatamaan para penghafalnya.

Sebanyak tujuh orang santri yang mendapatkan ijazah hafalan 30 juz dalam acara haflah kali ini. Ketujuh santri tersebut adalah:

  1. Anugrah Muslim (3 MA)
  2. Muhammad Alfian Al Anshori (3 MA)
  3. Muhammad Rifaldo (3 MA)
  4. Muhammad Jundi (3 MA)
  5. Hanifulloh Sukri (3 MA)
  6. Rio Bastian (3 MA)
  7. Ali Rohmatulloh (2 MA)

Mereka selain mendapatkan Syahadah (Piagam) langsung dari Syaikh Najih –Hafidzahullahu-, Mushaf Al-Qur’an dan kitab-kitab Islami, masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-.

Adapun santri berprestasi lainnya, yaitu yang bisa menghafal 3 Juz dalam satu bulan, mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 100.000,00-.

Secara terpisah, Ustadz Romlan selaku Kabid Tahfidz ICBB Putra memaparkan bahwa acara tersebut diadakan dalam rangka memberikan penghargaan bagi santri-santri yang berprestasi dalam bidang tahfidzul Qur’an (menghafal Qur’an). Juga sebagai salah satu bentuk pemuliaan terhadap para ahli Qur’an. Beliau menambahkan, bahwa acara tersebut juga diadakan untuk memotivasi santri-santri lain untuk terus bersemangat dalam menghafal Al-Qur’an.

“Sebenarnya, bukan pertama kali acara ini diadakan. Akan tetapi acara ini pernah vakum beberapa waktu. Tetapi akhirnya, pada tahun ini, acara ini berhasil diadakan kembali.” Kata Ustadz Romlan. “Akan berusaha menghidupkan kembali acara ini secara rutin setiap ada santri yang telah menyelesaikan hafalan 30 Juz Al-Qur’an atau memiliki prestasi istimewa di bidang tahfidzul Qur’an.” Tambahnya.

Salah satu tamu undangan, dr. Salman sangat terkesan dengan acara ini, “Alhamdulillah, cukup membanggakan dan apresiasi untuk santri yang berprestasi untuk terus dipublikasikan lebih luas lagi.”. (Nova)