PROGAM WUSHU KELAS 1 SW ICBB

PDFPrintE-mail

(ICBB-YOGYA) Progam wustho khusus (whusu) adalah progam baru yang di khususkan untuk kelas 1 salafiyah wushto (karantina) putra dan putri, dengan menitikberatkan tiga aspek yaitu akhlaq, (perilaku) tahsin & tahfidz (perbaikan bacaan alqur’an), serta bahasa arab seperti; nahwu, sharaf, muhadathsah (percakapan).

 

Dalam tahsin, Progam ini menggunakan dua metode untuk putra menngunakan metode “As- syafi’i” adapun putri menggunakan metode “ummi”. Progam ini berjalan selama satu tahun berlokasi di Pondok Pesantren Islamic  Centre Bin Baz (ICBB), tepatnya gedung Abu Bakar & umar dengan menjadikan mushola yang luas  sebagai tempat pembelajaran sehingga menjadikan santri dapat belajar dengan nyaman tanpa ganguan.

 


 

Tenaga pengajar merupakan para alumni Pondok Pesantren ICBB yang telah berhasil sampai jenjang perkuliahan dan lulus dengan predikat yang baik mereka merupakan lulusan universitas Islami ternama seperti; LIPIA, STDI Jember, STAI Ali bin Abi Thalib.

 

Program Ini Memilik Program Rutin Sebagai Berikut:

 

03.30 Bangun,Qiyamullaiil (Shalat Malam )

Ba’da Shubuh Halaqah (Tahfidz)

06.00 Persiapan KBM, (Sarapan,Mandi)

07.15 -07.50 Tahsin&Tajwid (Perbaikan Baccan Alqur’an)

08.35 -09.55      Bahasa Arab Durusul Lughah*

09.00 -10.35 Istirahat

10.35 -11.10 Qawaidh (Nahwu&Shorof)**

11.50 -12.30      Diniyyah***

Ba’da Ashar Halaqah Tahfidz

Ba’da Maghrib Halaqah Tahsin

Ba’da Isya Muhadhoroh Yaumiyyah(Harian)****

 

NB:

 

*Durusul lughah merupakan suatu kitab,didalamnya terdapat metode untuk mempelajari bahasa  arab termasuk di dalamya yaitu muhaddatsah (pecakapan sehari –hari).

**Santri mempelajari qawaidh (kaedah) seputar bahasa arab seperti nahwu dan sharaf untuk nahwunya menggunakan kitab “Al-miftah lil ulum” dan shorofnya menggunakan muqorror Bin Baz.

***Diniyyah adalah masa santri mempelajari ilmu dien (agama) seperti tauhid, fiqh,akhlak,siroh, khot imla.

****Santri maju didepan para jamaah dan memberikan tausiayah (kultum) seputar ilmu-ilmu dien dalam waktu kurang lebih 15 menit.