5 Faedah Hadits: MENGUCAP SALAM SAAT MASUK RUMAH

5 Faedah Hadits: MENGUCAP SALAM SAAT MASUK RUMAH

 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا بُنَيَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُنْ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ (رواه الترمذي)

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah berkata kepadaku, “Wahai anakku, jika kamu masuk menemui keluargamu, ucapkanlah salam, niscaya akan menjadi berkah bagimu dan bagi keluargamu.” (Hadits Riwayat Tirmidzi)

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثَةٌ كُلُّهُمْ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ رَجُلٌ خَرَجَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ حَتَّى يَتَوَفَّاهُ فَيُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ أَوْ يَرُدَّهُ بِمَا نَالَ مِنْ أَجْرٍ وَغَنِيمَةٍ وَرَجُلٌ رَاحَ إِلَى الْمَسْجِدِ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ حَتَّى يَتَوَفَّاهُ فَيُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ أَوْ يَرُدَّهُ بِمَا نَالَ مِنْ أَجْرٍ وَغَنِيمَةٍ وَرَجُلٌ دَخَلَ بَيْتَهُ بِسَلَامٍ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ (رواه أبو دواد)

Dari Abu Umamah Al Bahili, dari Rasulullah , beliau berkata, “Tiga golongan, seluruhnya mendapat jaminan dari Allah ‘azza wajalla, yaitu: orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah, maka ia mendapat jaminan dari Allah hingga Allah mematikannya dan memasukkannya ke dalam Surga, atau memberikan kepadanya apa yang ia peroleh berupa pahala atau rampasan perang. Dan seorang laki-laki yang pergi ke masjid, maka ia mendapat jaminan dari Allah hingga Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam surga atau memberikan kepadanya apa yang ia peroleh berupa pahala dan ghanimah, serta seorang laki-laki yang memasuki rumahnya dengan mengucapkan salam maka ia mendapat jaminan dari Allah ‘azza wajalla.” (Hadits Riwayat Abu Dawud)

Fawaid hadits:

1. Allah subhanahu wa ta’ala memberikan jaminan kepada tiga kelompok orang:

  • Orang yang pergi ke medan perang fi sabilillah hingga mendapatkan kemenangan atau menjumpai kematian.
  • Orang yang pergi ke masjid hingga mati di masjid atau balik ke rumah.
  • Orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam terlebih dahulu baik ada orang maupun tidak.

2. Menunjukkan keutamaan salam yang ditujukan kepada keluarga di dalam rumah apabila mau masuk. Salam ini doa yang akan mendatangkan berkah bagi penghuninya.

3. Yang ﷺ  mendapatkan jaminan atau penjagaan dari Allah subhanahu wa ta’ala tersebut meliputi laki-laki dan perempuan.

4. Nabi mengajarkan untuk saling mengucapkan salam dan memanggil dengan panggilan yang baik serta penuh kelembutan.

5. Kalau seseorang masuk rumah mengucapkan salam terlebih dahulu maka setan-setan tidak akan bisa menginap dan makan di rumah tersebut.

Disadur secara bebas oleh: Al-Ustadz Abu Nida’ Chomsaha Shofwan, Lc., Hafizhahullah, dari Kitab “Al-Arba’una Haditsan fi Raf’id Darajat wa Takfiris Sayi-at”, karya: Syaikh Sa’ad bin Muhammad at-Thukhis.

Editor: @rimoesta
Team Redaksi: Ustadz Abu Abdillah Mubarok, M.Pd. dan Ustadz Abu Layla Turahmin, M.H. Hafizhahumallah

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )