Faedah Hadits: DOA BERLINDUNG DARI 5 KEBURUKAN

Faedah Hadits: DOA BERLINDUNG DARI 5 KEBURUKAN

 

رَسُولَ اللَّهِ قَالَ قُلْ اللَّهُمَّ عَافِنِي مِنْ شَرِّ سَمْعِي وَبَصَرِي وَلِسَانِي وَقَلْبِي وَمِنْ شَرِّ مَنِيِّي

Rasulullah berdoa: “Ya Allah, selamatkanlah aku dari keburukkan pendengaranku, penglihatanku, lisanku, hatiku dan keburukan air maniku.” (Hadits Riwayat an-Nasai nomor: 5361)

Dalam riwayat lain:

قُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِي وَمِنْ شَرِّ بَصَرِي وَمِنْ شَرِّ لِسَانِي وَمِنْ شَرِّ قَلْبِي وَمِنْ شَرِّ مَنِيِّي

Berdoalah, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pendengaranku, dari kejahatan pandanganku, dari kejahatan lisanku, dari kejahatan hatiku dan dari kejahatan air maniku.” (Hadits Riwayat Abu Dawud nomor: 1327)

Penjelasan Hadits:

Nabi memberikan bimbingan kepada para sahabatnya agar meminta perlindungan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dari kejahatan-kejahatan anggota badan, terkadang anggota badan tergelincir dalam perbuatan dosa yang menyebabkan kesengsaraan, dan biasanya anggota badan akan melakukan perbuatan sesuai dengan kebiasaannya.

Faedah Hadits:

1. Bimbingan Nabi kepada umatnya untuk berlindung kepada Allah subhanahu wa ta’ala dari kejahatan anggota badannya, dan meminta keselamatan dari berbagai macam kejelekan.
2. Penjelasan kedekatan Nabi dengan para sahabatnya, dengan memberikan bimbingan kepada mereka.
3. Hendaklah seorang muslim, berusaha menghafal doa-doa yang telah dituntunkan Rasulullah sebanyak-banyaknya, sesuai dengan kemampuannya.-pen.

***
Disadur secara bebas oleh: Al-Ustadz Abu Nida’ Chomsaha Shofwan, Lc., Hafizhahullah, dari Kitab “Al-Arba’una Haditsan fil Madhi wadz Dzammi”, karya: Syaikh Sa’ad bin Muhammad at-Thukhis.

Editor: @rimoesta
Team Redaksi: Ustadz Abu Abdillah Mubarok, M.Pd. dan Ustadz Abu Layla Turahmin, M.H. Hafizhahumallah.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )