Faedah hadits: SHALAT ADALAH PERKARA TERBAIK

Faedah hadits: SHALAT ADALAH PERKARA TERBAIK

 

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ يَرْفَعُ الْحَدِيثَ قَالَ اسْتَقِيمُوا وَنِعِمَّا إِنْ اسْتَقَمْتُمْ وَخَيْرُ أَعْمَالِكُمْ الصَّلَاةُ وَلَا يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوءِ إِلَّا مُؤْمِنٌ (رواه ابن ماجه)

Dari Abu Umamah -dan ia memarfu’kan hadits ini-, ia berkata, “Istiqamahlah kalian, sebaik-baik perkara adalah jika kalian beristiqamah. Sebaik-baik amalan kalian adalah shalat, dan tidak ada yang menjaga wudhu kecuali orang mukmin.” (Hadits Riwayat Ibnu Majah)

Faedah Hadits:

1. Hadits ini memerintahkan kita untuk berlaku istiqamah. Sebaik-baik istiqamah adalah istiqamah dalam shalat, karena shalat adalah amalan yang paling baik bagi seorang muslim. Shalat menjadi ukuran kebaikan amalan lain.

2. Menjaga wudhu’ hanya dilakukan oleh orang mukmin dan bisa menunjukkan banyak melakukan amalan sunah seperti suka membaca Al-Quran, shalat sunah, dan lain-lain.

3. Penjelasan betapa pentingnya berlaku istiqamah dalam amal shaleh. Beramal tidak perlu banyak yang penting istiqamah, ini lebih baik daripada banyak tapi cuma sekali kemudian berhenti.

4. Sebaik-baik amal adalah shalat, tanpa istiqamah dalam shalat tidak ada gunanya amal orang tersebut.

5. Menjelaskan keutamaan menjaga wudhu’ dan ini termasuk sifat-sifat mukmin.

6. Ajakan untuk berlaku istiqamah dalam kebenaran khususnya menjaga wudhu dan shalat.

Disadur secara bebas oleh: Al-Ustadz Abu Nida’ Chomsaha Shofwan, Lc., Hafizhahullah, dari Kitab “Al-Arba’una Haditsan fil Madhi wadz Dzammi”, karya: Syaikh Sa’ad bin Muhammad at-Thukhis.

Editor: @rimoesta
Team Redaksi: Ustadz Abu Abdillah Mubarok, M.Pd. dan Ustadz Abu Layla Turahmin, M.H. Hafizhahumallah

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )