Faedah Hadits: UCAPAN SALAM MENINGGIKAN DERAJAT

Faedah Hadits: UCAPAN SALAM MENINGGIKAN DERAJAT

 

عَنْ أَبِي الدَرْدَاء قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْشُوْا السَّلاَمَ كَيْ تَعْلُوْا (رواه الطبراني)

Dari Abu Darda, dari Rasulullah bersabda, “Sebarkanlah salam niscaya engkau akan ditinggikan (kehormatanmu).” (Hadits Riwayat Thabrani)

Fawaid hadits:

1. Abu Darda radhiyallahu ‘anhu memiliki nama Uwaimir bin ‘Amir Al-Anshori Al-Khazraji. Dikenal sebagai pempimpin panutan di Damaskus. Salah satu sahabat Rasulullah yang dikenal sebagai pemuka penghafal al-Quran. Rasul meninggal sementara al-Quran masih belum dikumpulkan kecuali ada pada empat orang yaitu Abu Darda’, Mu’adz bin Jabal, Zaid bin Tsabit, dan Abu Zaid radhiyallahu ‘anhum, yang kemudian menjadi rujukan bacaan al-Quran pada kekhalifahan Utsman. Meninggal pada 32 H.

2. Pesan Rasulullah dalam hadits ini bersifat umum bukan hanya untuk orang yang meriwayatkan dari beliau.

3. Menyebarkan ucapan salam dapat mengangkat derajat kaum muslimin dibanding dengan orang yang tidak mengucapkan salam atau menjawabnya.

4. Keinginan Nabi dengan menyebarkan salam tersebut bisa bermanfaat di dunia dan akhirat bagi umatnya (di dunia bisa melunakkan hati dan di akhirat bisa menggugurkan dosa-dosa).

Disadur secara bebas oleh: Al-Ustadz Abu Nida’ Chomsaha Shofwan, Lc., Hafizhahullah, dari Kitab “Al-Arba’una Haditsan fi Raf’id Darajat wa Takfiris Sayi-at”, karya: Syaikh Sa’ad bin Muhammad at-Thukhis.

Editor: @rimoesta
Team Redaksi: Ustadz Abu Abdillah Mubarok, M.Pd. dan Ustadz Abu Layla Turahmin, M.H. Hafizhahumallah

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )