SANTRI BARU KELAS 7 SW ICBB, BELAJAR TAHSIN MBB

SANTRI BARU KELAS 7 SW ICBB, BELAJAR TAHSIN MBB

(ICBB-YOGYA) Membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan tartil  merupakan kewajiban bagi santri, oleh karena itu para Santri Kelas 7 Salafiyah Wustha (SW) Islamic Center Bin Baz (ICBB) Yogyakarta dalam masa awal mereka nyantri perlu ditingkatkan kualitas bacaan Al-Qur’annya. Maka dalam suasana Syahrul Quran yang dicanangkan oleh Bidang Pendidikan, para santri kelas 7 SW  ICBB  wajib mengikuti kegiatan tahsin MBB atau  Metode Bin Baz. Metode ini dirancang dan dibuat oleh Tim Litbang Tahfidz Islamic Centre Bin Baz dengan harapan dapat meningkatkan dan mempermudah para santri membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Metode Bin Baz menjadi ciri khas Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz yang terletak di Kelurahan Sitimulyo, Piyungan, Bantul ini. Para ustadz di ICBB berkomitmen untuk mengajarkan para santri tajwid dan makharijul huruf dengan cermat dan tepat sesuai kaidah tahsin. Pembelajaran yang intens ini memastikan bahwa setiap huruf dan kata diucapkan sesuai dengan kaidah tajwid, sehingga bacaan Al-Qur’an para santri semakin berkualitas.

Dalam setiap kelasnya, halaqah terdiri dari  9 orang santri. Hal ini merupakan bagian dari strategi untuk memberikan perhatian lebih pada masing-masing individu. Dengan pendekatan personal ini, para ustadz dapat mengidentifikasi potensi dan kebutuhan santri secara lebih mendalam. Sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Tidak hanya di dalam ruangan, pembelajaran tahsin juga dilakukan di alam terbuka. Para santri diajak untuk membaca Al-Qur’an di lingkungan pesantren yang alami, seperti gazebo, masjid atau halaman pesantren. Dengan suasana yang tenang dan kedamaian alam, para santri dapat memperdalam pengucapan dan pelafalan huruf hijaiyah yang baik dan benar guna menghindari kesalahan saat membaca Al-Quran nantinya.

Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz berharap kepada Allah semoga dapat istiqomah meluluskan santri-santri yang mumpuni dalam membaca Al-Qur’an.  Dengan metode Bin Baz, Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz beriktiyar agar para santri menjadi hafidz dan hafidzah Al-Qur’an tahsin. Keahlian dalam membaca Al-Qur’an ini diharapkan akan menjadi bekal para santri untuk menjadi pribadi yang terbaik bagi dirinya, orang tua, umat serta masyarakat. Dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

 

Kontributor: Team CMC

Editor: ab

 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (2)
  • comment-avatar
    Neila 7 bulan

    Maa shaa Allaah, barakallaah buat kalian smua yg sdh belajar alquran smg langkah kalian senantiasa mendapatkan ridhoNya,,, Aamiin… Semangat buat anakku yg msh belajar diicbb,sholeh syngny ma2 ayah

  • Disqus (0 )