Syahrul Quran: Memperkuat Kecintaan dan Kualitas Bacaan Al-Quran di ICBB

Syahrul Quran: Memperkuat Kecintaan dan Kualitas Bacaan Al-Quran di ICBB

(ICBB-YOGYA) Ada satu kegiatan di Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz yang menarik. Nama kegiatan itu adalah “Syahrul Qur’an”

Syahrul Qur’an digelar selama sebulan penuh. Kegiatan ini melibatkan seluruh seluruh karyawan pesantren, mulai dari pengajar, staf administrasi, hingga pegawai kebersihan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap Al-Quran. Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas pembacaan dan penghafalan mereka

Setiap harinya, para karyawan berkumpul di ruang yang disediakan khusus untuk kegiatan Syahrul Quran. Mereka ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil yang dipandu oleh ustadz yang ahli di bidangnya masing-masing.

Ustadz tersebut memiliki pengetahuan mendalam tentang tahsin (pengucapan yang baik) Al-Quran, murojaah (mengulang kembali) ayat-ayat yang sudah dipelajari, serta metode efektif dalam menghafal ayat-ayat Al-Quran.

Setiap kelompok karyawan diberikan jadwal yang terstruktur untuk mempelajari dan mempraktikkan tahsin Al-Quran. Ustadz yang memimpin memberikan bimbingan langsung kepada setiap karyawan, memperhatikan setiap gerakan bibir, lidah, dan suara mereka saat membaca Al-Quran.

Mereka diajarkan tajwid (aturan-aturan pelafalan Al-Quran) dengan seksama, memastikan bahwa setiap huruf dan kata diucapkan dengan benar dan indah.

Selama kegiatan Syahrul Quran, karyawan juga didorong untuk menghafal ayat-ayat Al-Quran. Ustadz memberikan strategi dan metode yang efektif untuk membantu mereka mengingat dan menghafal dengan lebih baik.

Mereka diberikan catatan dan bahan bacaan yang dapat digunakan sebagai referensi dan panduan dalam proses penghafalan.

Selain itu, setiap kelompok juga mengadakan sesi murojaah, di mana karyawan diminta untuk mengulang kembali ayat-ayat yang sudah dipelajari sebelumnya.

Ustadz memberikan umpan balik yang konstruktif dan membantu para karyawan untuk memperbaiki kesalahan mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperbaiki pengucapan dan intonasi mereka, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap makna ayat-ayat Al-Quran.

Dengan adanya kegiatan Syahrul Quran ini, seluruh karyawan Pondok Pesantren Islamic Centre Binbaz dapat merasakan peningkatan yang signifikan dalam pembacaan, pemahaman, dan penghafalan Al-Quran. Mereka menjadi lebih percaya diri dan terampil dalam melafalkan ayat-ayat suci, serta memahami pesan-pesan yang terkandung di dalamnya.

Kegiatan ini juga memperkuat ikatan keagamaan di antara mereka, menciptakan lingkungan yang khusyuk dan penuh cinta terhadap Al-Quran.

Kontributor: Team CMC
Editor: Ariyono L

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )