TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-BAQOROH AYAT 76-80

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-BAQOROH AYAT 76-80

AL BAQARAH : 76

وَإِذَا لَقُواْ الَّذِينَ آمَنُواْ قَالُواْ آمَنَّا وَإِذَا خَلاَ بَعْضُهُمْ إِلَىَ بَعْضٍ قَالُواْ أَتُحَدِّثُونَهُم بِمَا فَتَحَ اللّهُ عَلَيْكُمْ لِيُحَآجُّوكُم بِهِ عِندَ رَبِّكُمْ أَفَلاَ تَعْقِلُونَ
Terjemah :
Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata: Kamipun telah beriman, tetapi apabila mereka berada sesama mereka saja, lalu mereka berkata: Apakah kamu menceritakan kepada mereka (orang-orang mumin) apa yang telah diterangkan Allah kepadamu, supaya dengan demikian mereka dapat mengalahkan hujjahmu di hadapan Tuhanmu; tidakkah kamu mengerti?[66]
________________________________________
[66] Sebagian Bani Israil yang mengaku beriman kepada Nabi Muhammad r itu pernah bercerita kepada orang-orang Islam, bahwa dalam Taurat memang disebutkan tentang kedatangan Nabi Muhammad r Maka golongan lain menegur mereka dengan mengatakan: Mengapa kamu ceritakan hal itu kepada orang-orang Islam sehingga hujjah mereka bertambah kuat?
Tafsir :
Bila orang-orang Yahudi tersebut bertemu dengan orang-orang mukmin, maka mereka akan mengucapkan dengan lisan mereka, Kami beriman kepada agama kalian dan Rasul kalian yang telah diberitakan di dalam Taurat. Namun saat orang-orang munafik dari kalangan Yahudi tersebut bertemu dengan sebagian yang lain, mereka mengingkari, Apakah kalian menyampaikan kepada orang-orang mukmin apa yang telah Allah jelaskan kepada kalian menyampaikan kepada orang-orang mukmin apa yang telah Allah jelaskan kepada kalian di dalam Taurat terkait dengan perkara Muhammad, sehingga mereka mempunyai hujjah atas kalian di sisi Rabb kalian di depan Allah pada Hari Kiamat? Apakah kalian tidak memahami? Waspadalah.

AL BAQARAH : 77

أَوَلاَ يَعْلَمُونَ أَنَّ اللّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ
Terjemah :
Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan?
Tafsir :
Apakah mereka melakukan seluruh kejahatan ini dan mereka tidak mengetahui bahwa Allah mengetahui segala apa yang mereka sembunyikan dan apa yang tampakkan?

AL BAQARAH : 78

وَمِنْهُمْ أُمِّيُّونَ لاَ يَعْلَمُونَ الْكِتَابَ إِلاَّ أَمَانِيَّ وَإِنْ هُمْ إِلاَّ يَظُنُّونَ
Terjemah :
Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al Kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga [67].
________________________________________
[67] Kebanyakan bangsa Yahudi itu buta huruf, dan tidak mengetahui isi Taurat selain dari dongeng-dongeng yang diceritakan pendeta-pendeta mereka.
Tafsir :
di antara orang-orang Yahudi ada sekelompok orang yang tidak mengetahui baca tulis. Mereka tidak mengetahui Taurat dan isinya yang menetapkan sifat-sifat Nabiyullah Muhammad SAW, mereka tidak memiliki apa pun selain kedustaan dan dugaan-dugaan rusak,

AL BAQARAH : 79

فَوَيْلٌ لِّلَّذِينَ يَكْتُبُونَ الْكِتَابَ بِأَيْدِيهِمْ ثُمَّ يَقُولُونَ هَـذَا مِنْ عِندِ اللّهِ لِيَشْتَرُواْ بِهِ ثَمَناً قَلِيلاً فَوَيْلٌ لَّهُم مِّمَّا كَتَبَتْ أَيْدِيهِمْ وَوَيْلٌ لَّهُمْ مِّمَّا يَكْسِبُونَ
Terjemah :
Maka kecelakaan yAng besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; Ini dari Allah, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.
Tafsir :
Celaka dan binasa para ulama Yahudi yang busuk, orang-orang yang menulis kitab dengan tangan mereka, kemudian mengatakan, Ini datang dari Allah. Padahal ia menyelisihi apa yang diturunkan oleh Allah kepada Musa Nabi mereka, demi mendapatkan harta dunia. Mereka mendapatkan hukuman yang membinasakan karena mereka telah menulis kebatilan tersebut dengan tangan mereka. Mereka mendapatkan siksa yang mecelakakan karena telah mengambil imbalan dari harta yang haram seperti suap dan lainnya.

Asbabun Nuzul ;

An-Nasa i meriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata : Ayat ini turun pada ahli kitab. Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari jalan Ikrimah dari Ibnu Abbas berkata : Ayat ini turun pada ulama-ulama Yahudi, mereka menemukan sifat-sifat Nabi tercantum di dalam Taurat : Berkelopak mata hitam, berperawakan sedang, berambut ikal, berwajah tampan. Lalu mereka menghapusnya karena hasad dan dengki, mereka berkata : Kami mendapatinya berbadan tinggi, berkelopak biru dan berambut lurus.

AL BAQARAH : 80

وَقَالُواْ لَن تَمَسَّنَا النَّارُ إِلاَّ أَيَّاماً مَّعْدُودَةً قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِندَ اللّهِ عَهْدًا فَلَن يُخْلِفَ اللّهُ عَهْدَهُ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللّهِ مَا لاَ تَعْلَمُونَ
Terjemah :
Dan mereka berkata: Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja. Katakanlah: Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?
Tafsir :
Bani Israil berkata, Kami tidak akan tersentuh api Neraka di akhirat kecuali beberapa hari saja. Katakan kepada mereka –wahai Rasul – untuk menyanggah kebatilan dakwaan mereka, Apakah kalian mendapatkan janji demikian dari Allah, bila benar maka Allah tidak menyelisihi janji-janjiNya? Ternyata tidak, sebaliknya kalian hanya berkata dusta atas nama Allah semata.

Asbabun Nuzul :

Ath-Thabrani meriwayatkan dalam al-Kabir, Ibnu Jarir dan Ibnu Abu Hatim dari jalan Ibnu Ishaq dari Muhammad bin Ubay dan Ahmad dari Ikrimah atau Said bin Jubair dari Ibnu Abbas, ia berkata : Rasululullah datang ke Madinah sementara orang-orang Yahudi berkata : Masa kehidupan di dunia hanyalah tujuh ribu tahun, manusia hanya disiksa seribu tahun menurut perhitungan di dunia (yang itu adalah satu hari menurut perhitungan di akhirat), jadi siksanya hanyalah tujuh hari, setelah itu adzab berhenti. Maka Allah menurunkan ayat 80-81 tentang hal itu.

Dikutip dari kitab Tafsir Al-Muyassar Jilid 1, Penulis Syaikh Bakar Abu Zaid, Penerbit : An-Naba’

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )