TAUBAT TIDAK DITERIMA PADA 3 ZAMAN

TAUBAT TIDAK DITERIMA PADA 3 ZAMAN

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثٌ إِذَا خَرَجْنَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا طُلُوعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَالدَّجَّالُ وَدَابَّةُ الْأَرْضِ

Dari Abu Hurairah dia berkata, “Rasulullah bersabda, “Ada tiga perkara yang apabila keluar niscaya tidak akan bermanfaat iman seseorang yang sebelumnya beriman atau sebelumnya berusaha berbuat baik pada imannya, yaitu, terbitnya matahari dari barat, keluarnya Dajjal, dan makhluk melata di bumi.” (Hadits Riwayat Muslim – 227).

Syarah Hadits :

هَلْ يَنظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَن تَأْتِيَهُم بَغْتَةً وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

“Mereka tidak menunggu kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba sedang mereka tidak menyadarinya.” (Al-Qur’an Surat az-Dzukhruf: 66).

هَلْ يَنظُرُونَ إِلاَّ أَن تَأْتِيهُمُ الْمَلآئِكَةُ أَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ يَوْمَ يَأْتِي بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ لاَ يَنفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِن قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا قُلِ انتَظِرُواْ إِنَّا مُنتَظِرُونَ

“Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu (Maksudnya, tanda-tanda kiamat), tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah, “Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu” (pula).”(Al-Qur’an Surat Al-an’am: 158).

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِّنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

“Dan apabila perkataan*) telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (Al-Qur’an Surat An-Naml: 82).

Ada tiga zaman apabila keluar iman/taubat seseorang sudah tidak diterima lagi yaitu:
1. Terbitnya matahari dari arah barat,
2. Keluarnya Dajjal,
3. Keluarnya Dabbatul Ard (binatang melata), yang kesemuanya termasuk tanda-tanda Hari Kiamat besar akan datang.

Faedah Hadits:
1. Pentingnya bersegera untuk beramal sholeh dan minta pertolongan kepada Allah untuk istiqomah dalam beriman.

2. Karena setelah keluarnya sebagian tanda-tanda Hari Kiamat Kubra sebagaimana hadits tersebut di atas.

3. Pentingnya memperhatikan datangnya alamat-alamat Hari Kiamat yang sudah diperkirakan keluarnya. Maka kita harus betul-betul menjauhi maksiat dan menjalankan ketaatan kepada Allah.

4. Kita harus tahu bahwa barangsiapa yang telah beriman sebelum munculnya tiga peristiwa sebagaimana dalam hadits di atas diterima sebelumnya, setelah meunculnya iman tidak dianggap, yang diperhitungkan beriman sebelumnya.

*) Yang dimaksud dengan “perkataan” di sini ialah ketentuan datangnya masa kehancuran alam. Salah satu dari tanda-tanda kehancuran alam ialah keluarnya sejenis binatang melata yang disebut dalam ayat ini.

Disadur secara bebas oleh: Al-Ustadz Abu Nida’ Chomsaha Shofwan, Lc., Hafizhahullah, dari Kitab “Al-Arba’una Tsulatsiyah Fii Taujihat Nabawiyyah”, karya: Syaikh Sa’ad bin Muhammad at-Thukhis.

Editor: @rimoesta
Team Redaksi: Ustadz Abu Abdillah Mubarok, M.Pd. dan Ustadz Abu Layla Turahmin, M.H. Hafizhahumallah

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (1 )